-->
Kekurangan dan Kelebihan Accelerated Mobile Pages (AMP) Apa itu proyek Accelerated Mobile Pages (AMP)? Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah Proyek halaman perangkat seluler cepat adalah proyek sumber terbuka en: open source bersama dari inisiatif perusahaan-perusahaan teknologi dan penerbit, untuk meningkatkan ekosistem konten perangkat seluler untuk semua orang baik itu penerbit, pencipta, dan pengguna. Secara umum halaman AMP diharapkan untuk dapat terbuka dengan sangat cepat (instan), sehingga pengguna situs web dari perangkat seluler dapat menikmati konten dengan nyaman.

Kehadiran AMP memberikan jalan terang pada pengguna perangkat seluler berselancar di internet. Kecepatan akses yang dirasakan pengguna perangkat seluler tentu dirasakan pengguna desktop. Perangkt seluler yang memiliki spesifikasi rendah saja bisa berselancar cepat apa lagi desktop yang mempunyai spesifikasi lebih tinggi.

Kekurangan dan Kelebihan Accelerated Mobile Pages (AMP)

Format AMP didukung oleh banyak platform, termasuk Google Penelusuran. Jika laman web yang dicantumkan di hasil penelusuran Google memiliki versi AMP yang valid, Penelusuran dapat mengarahkan pengguna seluler ke AMP yang tersimpan dalam cache. Akhir-akhir ini Accelerated Mobile Pages (AMP) sangat ramai diperbincangkan di kalangan pengembang dan pengelola situs web/blog seperti www.kompiajaib.com dan blog.kangismet.net, di sana sobat bisa temukan sebuah tamplate blog amp yang bisa kalian download secara gratis maupun berbayar. Tapi sebelumnya perlu sobat ketahui, sebuah Tamplate Amp memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan Tamplate Blog Amp

Google Accelerated Mobile Pages atau Google AMP resmi diluncurkan dan sudah dapat dilihat di beberapa wilayah pengguna sejak tanggal 23 Februari 2016, Jadi masih tergolong baru dan butuh waktu lebih lama, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengembang AMP Projek dan juga bagi pengguna (publisher). Berikut kelebihan blog AMP HTML :
  • Mobile Responsive, salah satu spesifikasi yang terdapat pada halaman Amp adalah responsive sehingga sobat tidak perlu khawatir apabila web/blog sobat dikunjungi oleh beberapa perangkat.
  • Didukung oleh semua Platform, termasuk Google Penelusuran. Meskipun AMP bukan jaminan SEO, tetapi jika kita memperhatikan optimasi SEO terdapat hal penting yang harus diperhatikan yaitu kecepatan loading halaman. Kecepatan akses memungkinkan blog menempati peringkat baik di SERP (Search Engine Result Page), apalagi jika di imbangi dengan isi konten yang berkualitas.
  • Loading yang cepat, halaman Amp merupakan hasil Validasi yang di simpan dalam cache Amp Google, yang membuat dapat di tanyangkan lebih cepat khususnya pada perangkat seluler/mobile. Dan inni diperkirakan kecepatanya yang dimiliki hamlan web/blog Amp secepat kilat, lebih cepat dibandingkan dengan web/blog non Amp.
  • Lebih Hemat Data, pengguna juga bisa menghemat data internet. Biasanya pengunjung yang datang ke blog kita hanya mencari informasi yang diinginkan saja, habis itu langsung pergi begitu saja. Nah jika pemilik blog menggunakan custom AMP maka pengunjung tidak perlu takut kehabisan data internet sehingga bisa leluasa mencari informasi-informasi terkait.

Kekurangan Tamplate Blog Amp

Tidak hanya kelebihan, sebuah web/blog yang menggunakan Amp Html juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu sobat ketahui juga. Di antara adalah sebagai berikut :
  • Belum mendukung style eksternal dan javascript eksternal web/blog AMP dibangun oleh 3 komponen penting diantaranya AMP HTML, AMP JS, dan Google AMP cache. Ketiganya dirancang khusus seminim mungkin serta memiliki standar sendiri supaya meningkatkan performa web. Inilah yang memungkinkan perangkat mobile yang berspesifikasi rendah dapat dengan sempurna mengakses seluruh struktur web. Jika pada template non AMP bebas menggunakan HTML reguler dan bebas menambahkan javascript eksternal, namun semua itu tidak berlaku pada template AMP yang memiliki standar sendiri, akan hal ini AMP Projek memiliki pustaka sendiri.
  • Bukan jaminan SEO Meski google sangat menganjurkan kepada pengguna untuk beralih ke AMP, tetapi itu tidak menjadi jaminan blog menjadi semakin SEO.
  • Tampilan sederhana Sesuai yang sobat lihat pada blog ini, tampilannya simpel dan sederhana. Sebab banyak fitur custom bawaan blogspot yang belum support untuk AMP, seperti form contact, komentar blogger, navigasi arsip blog, dll. Meski demikian masih ada cara alternatif lain untuk menambahkan fitur custom bawaan blogspot tersebut, seperti menggunakan hosting github sebelum menambahkan form contact, menggunakan komentar disqus sebagai pengganti komentar blogger, dan mempelajari aturan struktur web AMP sebelum menambahkan fitur-fitur lain.
Google telah resmi meluncurkan AMP projek itu menunjukkan bahwa AMP bukan lagi dalam tahap percobaan, tetapi siap untuk diaplikasikan penggunanya. Jadi tidak menutup kemungkinan proyek AMP akan terus berkembang pesat
Demikianlah Artikel Tentang Kekurangan dan kelebihan blog AMP, Memang bukan suatu keharusan bagi pengguna supaya beralih memakai AMP, tetapi dari sekian bacaan saya, google telah menganjurkan untuk segera beralih ke AMP. Apakah sobat sudah menggunakan AMP atau masih ragu untuk beralih ke AMP? Semoga dengan adanya artikel di atas bisa menjadi pertimbangan.

How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre>or<pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Hide Parser

Tambahkan Komentar Tutup Komentar

Disqus Comments